Rangkuman Bab III Mengakses Internet



MENGAKSES INTERNET

Internet memegang peranan penting sebagai sumber informasi dan sebagai alat komunikasi. Untuk mempermudah kita dalam mencari informasi tersebut, kita dapat menggunakan fasilitas search engine. Situs search engine dapat dianggap sebagai portal (pintu masuk) untuk mencari berbagai informasi di internet.
  1. Mencari informasi pendidikan
Untuk mencari informasi dengan bantuan search engine Google, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
-          Jalankan browser Internet Explorer
-          Ketikkan alamat www.google.com, kemudian tekan enter.
-          Setelah muncul homepage Google, ketikkan kata kunci pendidikan kemudian tekan enter atau klik tombol Telusuri dengan Google
-          Hasil pencarian yang ditampilkan menunjukan informasi. Klik salah satu hyperlink, lalu hyperlink yang kita pilih tersebut akan membuka situs www.pendidikan.net dan dari situs ini kita dapat menemukan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan pendidikan.
  1. Mencari informasi dengan kata portal pada keywork
Portal (pintu masuk), berfungsi sebagai pusat informasi yang telah  dikelompokkan dalam kategori tertentu. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Masukkan kata kunci, missal portal pendidikan
-          Klik salah satu hyperlink hasil pencarian tersebut. Link yang kita pilih tersebut akan membuka situs www.idonfighter.com dari situs ini kita dapat memperoleh berbagai macam informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  1. Menggunkan Tanda Kutip (“) pada Kata Kunci
Penggunaan tanda kutip pada kata kunci berfungsi untuk lebih memfokuskan pada pencarian informasi yang kita butuhkan.  Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Masukan kata kunci. Misalnya “BANK SOAL”,lalu tekan enter
-          Hasil pencarian akan ditampilkan seperti gambar, pilihan hyperlink BANKSOAL.com, dan hyperlink yang kita pilih tersebut akan membuka situs tersebut.
  1. Menggunakan Tanda Plus (+) pada Kata Kunci
Penggunaan tanda plus berfungsi apabila kita ingin mencari informasi yang memuat lebih dari satu kata kunci maka tanda plus ini akan menjadi penghubug kata kunci tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Masukan kata kunci. Misalnya: beasiswa+studi+luar+negeri , lalu enter
-          Lalu kita boleh memilih salah satu hyperlink yang ada pada hasil pencarian

  1. Mencari File Gambar di Internet
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Buka search engine Google
-          Klik bagian Gambar yang terletak diantara pilihan Web, grup dan direktori
-          Masukan kata kunci, lalu enter.

  1. Penelusuran Lanjutan
Penelusuran lanjutan digunkan untuk mencari informasi secara lebih spesifik. Dalam penelusuran lanjutan kita dapat menentukan format file, waktu dan sebagainya.

Mengakses Web Melalui URL
Dalam internet kita dapat mendownload file dari situs-situs yang menyediakannya. File tersebut dapat berupa data, musik , gambar, dan video. Download merupakan proses pengambilah file dari komputer lain ke komputer pengguna. Sedangkan upload merupakan proses pemindahan file dari pengguna ke komputer lain.
Namun ada juga informasi yang terdapat pada halaman web yang tidak dapat didownload, misalnya informasi pada id.wikipedia.org . untuk dapat mengambil informasi yan terdapat pada webpage tersebut maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1)     Pada halaman web yang tertampil, lakukan drag (blok) pada artikel yang hendak disain.
2)     Setelah di blok, tekan Ctrl+C, atau menu edit-copy atau dengan klik kanan, lalu pilih copy.
3)     Aktifkan software pengolah kata misalnya Microsoft ward. Lalu tekan Ctrl+V, atau menu edit-paste, atau dengan cara klik kanan dan pilih paste.

Mengelola Informasi dari Internet
  1. Menyimpan halaman web
Jika akan menyimpan halaman web menjadi sebuah file yang disimpan di dalam komputer sehingga dapat dilihat tanpa harus terhubung ke internet, caranya adalah :
-          Setelah membuka halaman web, untuk menyimpan halaman tersebut pada hard disk, klik menu File pada fierfox kemudian Save as.
-          Saat muncul jendela save file dialog untuk menentukan nama file dan tempat file yang akan dibuat, silahkan pilih tempat yang dikehendaki kemudian klik save.
-          Jika diamati melalui Windows Explorer, maka untuk setiap halaman web yang disimpan akan dihasilkan 1 file HTML dan 1 folder untuk menyimpan gambar-gambar dari halaman web tersebut.
-          Bukalah web yang telah tersimpan. Perbedaannya adalah pada textbox alamat merupakan file yang mereferensikan letak file di hard disk.
  1. Menyimpan halaman web (hanya teks)
Cara menyimpan halaman web yang berisi teks atau tulisan saja, sama dengan menyimpan seluruh halaman web. Perbedaannya pada kotak Save as type, pilihlah Text file (*.txt)
  1. Menyimpan gambar dari Halaman Web
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Arahkan kursor mouse pada gambar yang akan disimpan
-          Klik kanan mouse, pilih Save Image As ….
-          Lalu akan muncul kotak dialog save picture. Pada kotak file name, isikan nama Filenya. Pada kotak Save as type, pilih format gambar JPEG, GIF (*.gif) atau Bitmap (*.bmp), kemudian klik save.
  1. Mencetak Halaman Web
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Pastikan printer sudah menyala dan terhubung di komputer dengan benar.
-          Pada halaman web yang masih aktif pilih menu File pada FireFox, kemudian pilih Print.
-          Setelah muncul kotak dialog Print, pilih Alljika kita akan mencetak seluruh halaman . pilih Pages untuk memilih halaman berapa  saja yang akan dicetak, lalu tekan OK untuk mulai mencetak. 

No comments:

Post a Comment